◾ KENAPA ENGKAU MEMBENCI ORANG YG TELAH MENASEHATIMU KARENA ALLAH ? ◾

Ibnu Qudamah al-Maqdisi رحمه الله berkata : “Dahulu para salaf mencintai siapa saja yang telah memberikan peringatan kepada mereka dari kejelekan2 mereka. Adapun kita saat ini membenci orang yang memberi tahu kepada kita dri kjelekan2 kita” (Minhajul Qosidin 196)

Imam adz-Dzahabi رحمه الله berkata :
“Tanda orang yg ikhlas itu apabila diingatkan kesalahannya ia tidak merasa panas hatinya & tidak juga ngeyel. Justru ia akan mengakui kesalahannya dan mendo’akannya : “Semoga Allah merahmati orang yang mengingatkan kesalahanku” (Siyar XIII/439)

Syaikh Shalih al-Fauzan حفظه الله berkata :
“Seseorang yng menginginkan kebenaran itu merasa senang dengan nasehat dan senang diingatkan atas kesalahannya” (Syarah Kitab al-Ubudiyyah hal 252)

Saudaraku, kenapa engkau menolak nasehat serta membenci orang yang menyampaikan kebenaran kepdmu ? Apakah di hatimu telah ada penyakit dari benih-benih kemunafikan ?

Malik bin Dinar رحمه الله berkata :
“Sesungguhnya badan itu apabila dia sakit maka tidak akan enak makan, minum, tidur, serta istirahat. Demikian juga keadaan hati, apabila dia diikat dengan kecintaan terhadap dunia, mka berbagai nasehat pun tidak akan brmanfaat baginya” (Az-Zuhd al-Kabir hal 25)

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar
https://telegram.me/najmiumar
Instagram : @najmiumar_official
Youtube : najmi umar official

admin Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *