#04 SUMBER HUKUM YANG TIDAK DISEPAKATI PARA ULAMA (Bag. 1)
==========================
📝Majalah Fikih Islam HUJJAH
==========================
Senin, 21 R. Akhir 1437/1 Feb. 2016
==========================

1⃣ ISTIHSAN
Adalah tindakan meninggalkan satu hukum kepada hukum lainnya disebabkan karena ada suatu dalil syar’I yang mengharuskan untuk meninggalkannya.

⏩ Contoh:
Hukum islam melarang jual beli barang yang tidak ada barangnya saat akad. Namun, berdasar ISTIHSAN, jual beli tersebut dibolehkan. Sebab, manusia sangat membutuhkan aqad seperti itu, dan sudah menjadi kebiasaan. Aplikasinya, menjual sesuatu yang tak dapat dilihat langsung barangnya, tapi sifat barang tetap disebutkan dengan detail dalam pengakuan penjual. Aqad transaksi semacam ini disebut dengan AQAD SALAM.

2⃣ MASHLAHAH MURSALAH
Adalah sebuah kemaslahatan dimana Allah Ajja wa Jalla tidak mensyariatkan suatu hukum untuk merealisasikan kemaslahatan itu serta tak ada dalil yang menunjukkan atas legalitas atau pembatalannya. Hukum ditetapkan karena maslahat yang akan didapatkan atau dalam rangka mencegah kerusakan yang akan ditimbulkan.

⏩ Contoh:
Keputusan khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu untuk menulis dan mengumpulkan al Qur’an dalam satu mushaf, lalu membakar seluruh mushaf lain yang beredar di masyarakat saat itu. Keputusan Khalifah Utsman ini disebut MASHLAHAH MURSALAH.

3⃣ ISTISHHAB
Adalah menetapkan berlakunya suatu hukum yang telah ada atau meniadakan hukum yang memang tidak ada, sampai ada dalil yang mengubah kedudukan hukum yang telah ditetapkan.

⏩ Contoh:
Sebagian ulama mengatakan bahwa orang yang shalat dengan tayammum lalu dalam mengerjakan shalat itu ia melihat air, maka shalatnya tidak batal. Alasannya, istishhab kepada ijma’ sahnya shalat dengan tayamum. Hukum ini akan terus berlaku hingga ada dalil bahwa melihat air akan membatalkan shalat yang thaharahnya dengan tayamum.

⚠️…bersambung bag. 2

💡 Mulai sekarang, cobalah untuk memiliki minimal satu kitab Fikih yang muktabar(terjemahan nggak masalah), lalu membacanya secara urut.

💡 jangan takut dengan rumitnya bahasa yang digunakan.

💡 Jika menemukan kesulitan, tuliskan kesulitannya di bawah ini untuk didiskusikan, atau hubungi Ustadz terdekat 🙂
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
📚 Majalah Fikih Islam HUJJAH

📱 FB: Majalah Hujjah

admin Fikih, Majalah Fikih Hujjah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *